Evaluasi Diri Ini

Bismillahirahmanirahim.

Segala puji bagi Rabbul’alamin yang telah menganugerahkan nikmat yang banyak kepada kita mahluknya. Semoga saya dan kita semua bisa mendapatkan rhido dan magfirohnya, hidayah-taufik yang tentunya semua itu atas berkat Rahman dan Rahim-Nya lah.

Shalawat beriring salam semoga terlimpahkan atas Nabi Muhammad Saw, para Pelanjut Risalah, para Sidiqin, Syuhada, Mukmin, Muslim yang membimbing kita dari jahiliah ke alam yang terang benderang. Dari Musrik ke Tauhid.

Berawal dari perkenalan saya dengan para pemuda dengan latar belakang yang berbeda, yang tentunya saya sangat menyadari itu atas ijin Allah yang hendak mengingatkan saya, mentarbiyah saya, memperbaiki diri saya dan memperlihatkan tanda-tanda kekuasaa-Nya. Para pemuda inilah seolah-olah menjadi cerminan saya, yang membuat saya tidak bisa mengingkarinya lagi bahwa saya ini mahluk yang hina, penuh noda dan dosa. Mahluk yang tidak tau berterimakasih, mahluk yang sering mendzolimi diri dan orang lain.

Apa yang terjadi pada para pemuda itu sungguh terjadi pada diri saya, apa kejelakan yang ada pada para pemuda itu sungguh kejelekan itu ada pada diri saya juga. Sungguh mereka cerminan diri saya, Subhanllah. Astagfirullah๐Ÿ˜ฆ

Besar sekali harapan saya bisa menjadi wasilah supaya saya pribadi dan sahabat saya itu bisa bertaubat, memperbaiki kesalahan dan menggantinya dengan kebaikan serta diberikan kekuatan untuk tetap “komitmen” sampai ajal menjemput. Insya Allah. Amin ya Rabba’alamin..

Terkhusus buat saya Pribadi dan kita semua Mukmin-Muslim berupa peringatan dan ancaman yaitu :

Allรฅh subhanahu wa taโ€™ala berfirman:

ุฃูŽุชูŽุฃู’ู…ูุฑููˆู†ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณูŽ ุจูุงู„ู’ุจูุฑูู‘ ูˆูŽุชูŽู†ู’ุณูŽูˆู’ู†ูŽ ุฃูŽู†ู’ููุณูŽูƒูู…ู’ ุŸ ุฃูŽููŽู„ูŽุง ุชูŽุนู’ู‚ูู„ููˆู†ูŽ ุŸ

Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebajikan, sedang kamu melupakan diri (kewajiban) mu sendiri, padahal kamu membaca Al Kitab (Taurat)? Maka tidakkah kamu berpikir? (al-Baqarah : 44)

Allรฅh subhanahu wa taโ€™ala berfirman:

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ู„ูู…ูŽ ุชูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ ู…ูŽุง ู„ูŽุง ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู†ูŽ ุŸ | ูฆูก:ูข
ูƒูŽุจูุฑูŽ ู…ูŽู‚ู’ุชู‹ุง ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฃูŽู†ู’ ุชูŽู‚ููˆู„ููˆุง ู…ูŽุง ู„ูŽุง ุชูŽูู’ุนูŽู„ููˆู†ูŽ | ูฆูก:ูฃ

Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan. (Ash- Shaff : 2-3)

Mulailah dari diri dan berusahalah menasihati diri-teman-temanmu dan perintahkanlah kepada diri-teman-temanmu berbuat kebaikan dan laranglah diri-mereka dari kemungkaran agar engkau menjadi orang yang shalih, orang yang baik dan memperbaiki orang lain.

Sayaย memohon kepada Allah agar menjadikan saya dan kita sebagaiย orang-orang yang shalih, baik, dan memperbaiki. Sesungguhnya Dia Maha Pemurah lagi Maha Mulia.

Alhamdulillahirabil’alamin. Astagfirullahaladzim.

Tinggalkan Balasan

