Fitrah Manusia Bagian 2

162897_1505009304957_3517154_n.jpgSemua orang ingin bahagia menjalani hidupnya. Semua orang menginkan dan memimpikan sukses dalam hidupnya. Tak ada manusia dengan keyakinan apapun juga yang tidak menginginkan sukses dan bahagia.

Sebagai mahluk sosial yang dikaruniakan akal, pikiran dan emosi manusia selalu berupaya untuk memenuhi setiap keinginannya, seperti ingin makan enak, pakaian bagus, uang banyak, rumah mewah dan sederetan keinginan yang sifatnya materi. Tiap manusia juga ingin hidup sehat, panjang umur, aman dan nyaman, cinta, harga diri dan keinginan-keinginan yang sifatnya non-material lainya.

Keberhasilan manusia untuk menggapai apa yang diinginkan ini disebut sukses dan dengan sukses itu diharapkan mendapatkan bahagia.

Semua orang menginkan dan memimpikan sukses dalam hidupnya *saya mengistilahkan sukses ini sebagai sukses umum :.

  • Sukses dalam hidupnya sebagai Siwa/ pelajar/ mahasiswa
  • Sukses sebagai sahabat
  • Sukses sebagai ayah, sukses sebagai ibu, sukses sabagai orang tua
  • Sukses sebagai pengusaha
  • Sukses sebagai wirausahawan, sukses sebagai petani, sukses sebagai pedagang
  • dan Sukses lainnya

 


Manusia diharapkan menjadi mahluk terbaik dengan bimbingan dan pengetahuan yang diberikan Sang Pencipta kepadanya. Untuk menjadi terbaik seluruh fitrah yang ada pada manusia harus dioptimalkan sesuai dengan tuntunan yang dikehendaki Allah dan Rasul-Nya.

Kemudian seluruh perangkat pendukungnya, yaitu :

  • Kecerdasan Fisik
  • Kecerdasan Intelektual
  • Kecerdasan Emosi
  • dan Spiritual

Harus/ sudah sepantasnya/ sepatutnya dihidupkan dan dikembangkan secara maksimal. Kesempurnaan manusia inilah yang disebut sebagai al-Insan al-Kamilah, citra manusia sempurna yang hidup dan berkembang faktor-faktor fitrahnya, baik yang ghoib maupun yang nyata.

Menurut fitrahnya, manusia diciptakan Allah ke muka bumi adalah sebagai hamba-Nya, yang akan mengabdikan hidup dan kehidupannya untuk Allah semata, sebagai mana dinyatakan dalam Al-Quran (QS : al-Dzariat 56) :

Dan tidaklah Allah Ciptakan jin dan manusia, kecuali agar beribadah kepada-Ku (Allah)

Jika dilihat dari ayat ini maka makna sukses adalah keberhasilan manusia untuk menjadikan apapun yang ada padanya sebagai sarana untuk menegakkan penghambaan dan pengabdian kepada Allah semata. Ketika dia berjuang dan berhasil mengapai tujuannya, berupa jabatan, harta atau apapun maka semua itu dijadikan sarana untuk pengabdiannya kepada Allah, maka inilah makna sukses yang sebenarnya menurut Islam.

Karena apalah artinya jika manusia berhasil mengapai semua tujuannya, jika menyimpang dari fitrah penciptaanya sebagai mahluk yang hanya beribadah kepada Allah semata, sebagaimana yang diikrarkan dalam sholatnya. Sesungguhnya, sholatku, pengabdianku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah semata.

Allah dan Rasul-Nya telah memerintahkan agar manusia mengikuti fitrahnya, sebagaimana Allah telah menentukan fitrah kepadanya. Maka fitrah sukses yang sudah ada pada diri manusia harus dibangkitkan jika manusia ingin menggapai sukses secara fitrah yang dikehendaki Allah dengan meninggalkan semua konsep dan metode non fitrah yang telah direka dan diraba-raba manusia yang tidak mengetahui hakikatnya. Panduan Allah dan Rasul-Nyalah yang mesti diikuti.

Jadi sukses hidup itu adalah menjadi hamba Allah yang taat, patuh, setia, cinta, kepada-Nya. Karena dengan begitulah Allah ridho kepada diri kita dan diselamatkannya hidup kita di dunia dan akherat. Insyaallah, Amin…

 

One Comment Add yours

  1. mtnugraha mengatakan:

    Semakin berfikir dan semakin memahami kehidupan, makna sukses semakin bergeser. Dari sukses ukuran duniawi menjadi sukses menjadi hamba Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s