Mengenal Sosialisme ala Indonesia

“Hari depan revolusi Indonesia bukanlah menuju ke kapitalisme, dan sama sekali bukan menuju ke feudalisme… Hari depan Revolusi Indonesia adalah masyarakat adil dan makmur atau Sosialisme Indonesia” – (Soekarno – Manifesto Politik RI)

Sosialisme Indonesia atau sering disebut juga Sosialisme Religius (NASAKOM) karena juga merupakan cerminan dari masyarakat Indonesia yang religius. Sosialisme Indonesia digelorakan oleh Presiden Pertama RI, Ir Soekarno dan sebagian Tokoh-Tokoh Bangsa Indonesia di masa yang lampau.

Sosialisme Indonesia adalah sangat menjunjung Pluralisme Demokratis, yakni menjunjung tinggi keberagaman yang ada di bumi Indonesia. Dapatlah digambarkan cita-cita Sosialisme Indonesia itu yaitu sosialisme yang menghendaki kemerdekaan, persaudaraan dan persamaan diseluruh umat manusia, Sosialisme yang sesuai dengan Pancasila, yang merupakan nilai-nilai luhur asli Bangsa Indonesia.

Cita-cita tentang Sosialisme Indonesia sebenarnya memang mendarah daging sampai saat ini. Perkataan Tata-tentrem, Kerta Rahardja gemah Ripah Loh jinawi yang menjadi simbol dari Bangsa Indonesia pun menjadi bukti bahwa Sosialisme Indonesia memanglah tujuan daripada Bangsa Indonesia.

Semoga kita semua dapat mengambil pelajaran dan ditunjukan ke jalan yang lurus, Amien..

Sumber :

http://solindo.wordpress.com/

Testimoni dari Herman Guritno (Kepala D.P.O DPC GmnI Yogyakarta)

Baca : Sukarno Itu Kiri Marxis dan  Bung Karno: Ya, Aku Marxis!

 

2 Comments Add yours

  1. choirul mengatakan:

    saya jadi ingat dengan kata-kata bahwa perbedaan itu seperti warna dalam pelangi yang menjadikannya indah…..

    maka Indonesia dengan pluralitas dan multikuluralismenya itu bagi saya seharusnya seperti pelangi yang kit abetah memandangnya, bukan menjadikan perbedaan itu sebagai alasan untuk saling memusuhi….

  2. Gerilyawan mengatakan:

    Sosialisme Indonesia adalah suatu warna sosialisme baru yang meleburkan Sosialisme Modern (Marxisme) dengan Sosialisme Utopis (Agama). Di indonesia Sosialisme bukan hanya materi tetapi etika dan spiritual. Luar biasa untuk Soekarno dan Tan Malaka para pendiri mula-mula menara baru sosialisme ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s