Malas (Evaluasi 3)

Rasa malas jelas sangat merugikan baik di dunia-akherat. Sekalipun seseorang memiliki cita-cita yang besar, jika kemalasannya mudah muncul & mendominasi maka cita-cita besar itu akan percuma alias hanya angan-angan semu/ mustahil.  Orang yang bercita-cita besar tapi  malas adalah pemimpi alias PAK_ANGAN-ANGAN. Mari kita senantiasa berdoa-berusaha beribadah hanya kepada Alloh Swt,  semoga kita semua kaum muslimin-muslimat dijauhkan dari sifat malas. Amienn…

DEFINISI MALAS

Rasa malas adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa dirinya lemah/ do’ifa  dan akibatnya dia tidak bersungguh-sungguh dalam melakukan aktifitas. Rasa malas akan menyebabkan tubuh lunglai, otot melemas, tidak berdaya, pola nafas melambat, mata terasa berat & gejala lainnya.

RASA MALAS BISA MENYERANG SIAPA SAJA

Rasa malas itu akan ada disetiap diri seseorang. Rasa malas mereupakan efek negatif dari sifat dasar manusia yang tidak diarahkan dengan baik dan benar menurut ISLAM. Jadi semua manusia bisa terserang rasa malas, hanya saja berbeda-beda kadarnya .

IDENTIFIKASI KEMUNGKINAN MUNCULNYA RASA MALAS

Rasa malas emang paling nyebelin, males banget mo ngerjain sesuatu padahal tahu akan keharusan untuk melakukan suatu aktifitas tersebut. Meskipun tahu bahkan sadar bahwa aktifitas itu sangat berguna baik bagi dirinya sendiri-sosial. Capek sedikit mengeluh, capek sedikit langsung lemah apalagi kalo ga ada duitnya/ amplopnya, he…he…he… (Heurey mang :p)

  1. Kemalasan cenderung muncul terhadap hati yang masih diliputi keraguan karena lemahnya cita-cita.
  2. Kemalasan cenderung muncul akibat kerja akal yang tidak berguna. Contoh : takut bertanya, takut mencoba, takut salah dan semua ketakutan-ketakutan  yang tidak beralasan  BENAR menurut ISLAM.

Dua hal ini yang paling sering muncul di diri kita…ada yang mengalami ???

BAHAYA MALAS

Praktis pertumbuhan emosinya terhenti dan kehilangan banyak waktu produktif karena suka menunda pekerjaan/mengulur waktu.  Alhasil ini ga beres, itu ga beres, ini itu ga beres… Rink… Rink… telepon berdering… semua aktifitas menumpuk… semua gagal, semua hanya tinggallah cerita & penyesalan😦

Malas juga bisa menyebabkan Depresi, Gangguan Fisik & Jiwa,  Merugi dunia-akherat !!!

OBAT MUJARAB RASA MALAS, INSYAALLOH..

Sebagai mukmin, muslim kita hendaknya menjadikan ISLAM  sebagai solusi semua masalah di hidup-kehidupan.

Secara teoritis :

Demi masa sesungguhnya manusia itu dalam kerugian, kecuali orang yang BERIMAN, BERAMAL SHALEH, saling nasehat-menasehati dalam kebenaran dan menetapi kesabaran. (Qs : Al-Ashr: 1-4)

Secara praktis :

Pengaplikasian teoritis secara Kaffah.

Beriman (dengan sebenar-benarnya iman) –> Beramal Shaleh (harta, jiwa & raga) –> Bertawasulan (saling menasehati dalam kebenaran & menetapi kesabaran).

Kita dikuatkan oleh adanya harapan, untuk selalu melewati semua hambatan, halangan, rintangan & ancaman. Perlu diingat adalah harapan selalu dibarengi dengan usaha, tanpa usaha semua hanyalah mimpi.

Ayo semangat Cuy ….😉

 

6 Comments Add yours

  1. Fir'aun NgebLoG mengatakan:

    salah satu penyebab kemalasan adalah disaat seseorang menilai sesuatu tidak berguna, hingga dia tak bernafsu untuk melakukannya. Jika kita selalu berpikir bahwa seetiap perkara itu sangat berguna, maka insya allah rasa malas itu tidak akan menyerang kita😀

  2. Usup Supriyadi mengatakan:

    dari apa yang saya ketahui, rasa malas itu memang karakter dasar manusia, apalagi terhadap kebaikan dan kebenaran kadang pada malas.

    semoga kita dijauhkan dari sikap demikian….

    wa allaahu a’lam

  3. diana mengatakan:

    untung masih ada obatnya ya

    1. Usup Supriyadi mengatakan:

      iya yah, diana:mrgreen:

  4. rosendi mengatakan:

    @Hatur thank you bwt semuanya ya

  5. potenzmittel frau mengatakan:

    Hey very nice blog!! Man .. Beautiful .. Amazing .. I will bookmark your blog and take the feeds
    also…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s