Tujuan Penciptaan Manusia

manusiaSeperti yang sama-sama kita ketahui dan pahami bahwa manusia itu mahluk ciptaan Allah “dimana manusia itu bisa lebih rendah derajatnya dari binatang ternak bahkan lebih sesat lagi tetapi juga bisa lebih tinggi derajatnya dari malaikat“. Lalu benarkah kalau manusia itu menjadi mahluk paling sempurna dari seluruh ciptaan Tuhan??? Bila tiap kita ditanya tentang itu mungkin masing dari kita akan mempunyai jawaban yang berbeda-beda, tergantung dari sudut pandang dan kacamatanya masing-masing. Dimana jawaban tersebut akan merefleksikan sesuatu pemahaman yang telah ada didalam dirinya dan biasanya akan menjadi sikap dan perbuatan dalam menjalani hidup kehidupan ini.

Bila dikaji dari kaca mata “potensi” manusia, adalah benar bahwa manusia adalah mahluk yang paling sempurna dari seluruh ciptaan Tuhan. Alasannya karena manusia memiliki “potensi” yang tidak dimiliki oleh mahluk yang lain. Potensi yang ada pada setiap manusia dibagi menjadi 2, yaitu Potensi Internal dan potensi eksternal.

Potensi Internal, yaitu potensi yang ada pada dalam diri manusia

  • Aqliyah (penglihatan, pendengaran dan akal)
  • Ruhaniah
  • Jasmaniah
  • Fitrah

Potensi Eksternal, yaitu potensi yang ada pada luar diri manusia

  • Rasul
  • Huda (al-Qur’an)
  • Din Islam
  • Alam raya

Percayalah bahwa semua manusia bisa mengembangkan semua potensi yang ada dalam dirinya. Kabarnya menurut para ilmuwan pernah meneliti potensi akal Einstein, fisikawan jenius yang menciptakan rumus E=mc2. Hasilnya menunjukkan bahwa orang jenius seperti dia hanya baru menggunakan potensi sebesar 5 % dari keseluruhan potensi akal. Menurut penelitian itu juga mengungkapkan orang awam seperti kita baru menggunakan potensi akal nol koma sekian persen. Akal hanyalah salah satu contoh potensi internal maka coba bayangkan apabila manusia bisa mengembangkan semua potensinya baik internal maupun eksternal… Jadi kesempurnaan manusia itu terlihat dari potensi yang apabila dikembangkan dan digunakan akan menjadi sesuatu yang fantastic, fenomenal, luar biasa, amazing dan berdaya guna. Yang sekarang menjadi pertanyaannya adalah :

“APAKAH MUNGKIN MANUSIA YANG MEMILIKI POTENSI YANG LUAR BIASA INI DICIPTAKAN TANPA ADA MAKSUD SERTA TUJUANNYA?”

Dalam QS Az-Zariyat 56

Bahwa tiada lain tiada bukan tujuan Rabb menciptakan jin dan manusia semata-mata untuk beribadah hanya kepada Allah SWT (beribadah dengan bertauhid didalam Dien Islam). Walaupun realitanya tidak semua manusia beribadah, mengabdi, menyembah hanya kepada Allah didalam dien Islam yaitu jalan sirathalmustaqim, jalannya orang-orang yang diberi nikmat oleh Allah.

Dalam QS : Al-Baqarah 30

Bahwa Rabb juga mengutus manusia untuk menjadi “khalifah” yang menjadi wakil Allah untuk mengatur bumi dengan aturan Allah. Ini juga menunjukan bahwa manusia memiliki sesuatu yang lebih dari malaikat padahal notabene nya bahwa malaikat itu selalu tunduk dan patuh kepada segala perintah Allah dan meninggalkan segala larangan-Nya tetapi Allah sudah memilih dan menetapkan manusia untuk menjadi khalifah di bumi. Menunjukkan bahwa manusia memiliki sesuatu/ potensi yang lebih dari malaikat jikalau menggunakan semua potensi yang dimilikinya untuk beribadah kepada Allah Swt di dalam Dien Islam. Walaupun realitanya tidak semua manusia menjalankan fungsi ke-khalifahan malahan banyak yang menjadi aktor-aktris pembuat kerusakan dan menumpahkan darah dimuka bumi.

QS: Al-Azhab 72

Bahwa Allah sudah menawarkan amanah kepada langit, bumi, gunung-gunung tetapi semuanya enggan untuk memikul amanah itu dan mereka khwatir tidak akan melaksanakannya (berat) tetapi amanah ini diemban oleh manusia. Ini juga menunjukan bahwa manusia itu memiliki potensi yang lebih bila dibandingkan langit, bumi, dan gunung-gunung. Walaupun realitanya tidak semua manusia menjalankan amanah yang sudah diberikan kepadanya terbuai oleh serba serbi dunia.

Dari mana asal kita?

Jalan Apa yang kau pilih?

Kemana kita semua akan kembali dan dimintai pertanggung jawaban?

Iqra… Sentuhlah, baca, observasi, teliti, mikir, dzikir, rekontruksi masa lalu, amalkan.. insyaallah kita ditunjukan ke jalan yang lurus, Amien..

9 Comments Add yours

  1. Manusia mengatakan:

    manusia oh manusia

  2. agush mengatakan:

    DS.
    Puji Allah saya bisa mempelajari tentang catatan anda dan bisa menjadikan tambahan ilmu bagi saya.

    1. rosendi mengatakan:

      Hatur Thank you😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s